Saturday, August 16, 2014

Designing ShopHouse !!

Sebelum menuju ke tulisan utama, aku ingin mengucapkan selamat dulu ke BiibopH atas seminar yang telah diadakannya Jum'at kemarin~
Congratulation, My Darling BiibopH~ ! 
Selangkah lagi menuju Sarjana Terong~ #plakduesh

Kembali ke topik utama.
Aku akan membahas tugas terakhir yang telah diriku dan Lea, partnerku, kerjakan untuk mata kuliah Struktur dan Konstruksi 1. Tugas yang kami dapatkan adalah merancang Shophouse.

Shophouse adalah sebutan dalam bahasa Inggris untuk Ruko ( Rumah Toko). Bangunan Ruko terkenal berkembang di Asia Tenggara. Apalagi saat ini di kota-kota besar yang minim lahan, tempat tinggal pun bisa sekalian menjadi area komersial. Karena perkembangan ruko di daerah kota Tangerang, Banten, khususnya di daerah Karawaci, Gading Serpong, dan BSD di mana pembangunan perumahan sedang cukup marak yang dilakukan oleh developer. Jadinya dosen Struktur dan Konstruksi 1 memberikan tugas untuk perancangan Ruko atau pun Rukan (Rumah Kantor - konsepnya sama namun fungsinya sebagai kantor).

Ruko yang diminta terdiri dari 3 lantai, lantai 1 sebagai area komersial, lantai 2 sebagai area rumah, dan lantai 3 sebagai area service dan taman. Tentu saja dengan dimintanya Roof Garden, membutuhkan pengetahuan lebih dalam merancang strukturnya karena akan ada beban tanah dan air di lantai 3. Luas lahan satu ruko sekitar 90 meter persegi dengan area sirkulasi di depannya sekitar 2 meter dari depan pintu masuk. Kolom di area sirkulasi pun dapat dipilih antara Kolomnade (sekedar kolom biasa) atau Arkade (terdapat lengkungan di antara kolom-kolom).

Konsep yang dipilih oleh Lea dan aku adalah ketenangan dan kenyamanan. Membuat area komersial dengan ketenangan terdengar tidak biasa sebenarnya. Tapi karena kami memilih toko buku sebagai salah satu area komersialnya, bersyukur jadi nyambung dengan konsepnya. Mendengar buku jadi agak masuk ke sesuatu yang klasik seperti perpustakaan zaman dulu. Akhirnya desain kolom sirkulasi pun dipilih yang Arkade agar sesuai dengan inspirasi desain bangunan klasik.

Seperti yang kuceritakan di postingan sebelumnya bahwa kami mengerjakan maket tugas serta menyelesaikan kebutuhan gambar perancangan kurang dari seminggu. Bersyukur semalam sebelumnya semua tugas sudah selesai.

Inilah foto-foto maket saat baru saja beres dibuat :



Perspektif mata burung untuk melihat keseluruhan maket.





Untuk memperlihatkan balok, kolom, serta ruangan-ruangan yang ada di dalam bangunan yang dirancang. Kami membuat maket Ruko yang salah satu bagian dindingnya memakai plastik mika transparan.






Tampak depan yang terinspirasi dengan sedikit gaya neo klasik seperti kolom Arkade.




Bagian interior dalam bangunan, terdapat lemari buku di lantai 1 yang dipergunakan untuk toko buku. Terdapat taman kecil di bagian depan kamar mandi lantai 1 yang di atasnya terdapat void lantai 2 dan 3. Void tersebut berguna untuk pencahayaan dan sirkulasi udara dalam bangunan.



Bagian kolom lantai 1 sebelah kanan agak miring dan sangat terlihat dari jauh.



Jadinya saat presentasi ketahuan sama dosennya. http://eemoticons.net
Ugh..tapi yasudahlah yang penting kami sudah berusaha.

Sebenarnya saat presentasi pun banyak gambar kami yang diberikan perbaikan oleh dosen. Pastilah jika dosen memperbaiki gambar yang sudah susah-susah dibuat, lalu diperbaikinya pakai pulpen itu rasanya.. 



Tapi kemarin karena sudah terlalu sibuk mengerjakan, kami berfokus untuk mengerjakan tugas sampai selesai. Apa pun yang terjadi kami ikhlaskan. Sehingga kejadian perbaikan tersebut tidak terlalu bikin galau sih, malah senang juga akhirnya tau yang benar seperti apa.

Setelah semuanya selesai, bersyukur jadi bisa tidur dengan nyenyak setelah kurang tidur dan kelelahan karena mengerjakan tugas. Akhirnya bisa lulus Struktur & Konstruksi 1 dengan lumayan baik.

Semoga semester depan di Struktur & Konstruksi 2 akan dapat tugas yang menantang keilmuan dan dapat dikerjakan dengan baik. http://eemoticons.net



No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...