Saturday, October 19, 2013

Maket Kertas

Akhirnya Hell Week terlewati dengan indahnya~
Setelah hampir seminggu selalu begadang dan tidur selalu dibatasi, maka selelsailah tugas UTS Basic Design Studio 1.
Pameran UPH Architecture 2013 yang mulai dibuka kemarin 18 Oktober 2013 adalah deadline dari tugas kami.
Tunggu laporan exhibition-nya yaa~ XD

Sekarang yang ingin aku jelaskan adalah mengenai salah satu tugas yang aku pamerkan yaitu hasil dari tugas pembuatan maket kertas.
Tugas ini adalah pemanasan bagi kami, karena banyak dari kami belum pernah membuat maket.

Mengapa harus kertas ?

Dalam pembuatan maket, kertas ini adalah bahan yang cukup mudah pembuatannya. Banyak operasi yang bisa kita lakukan pada kertas yaitu, melipat, membuka, menoreh, memotong, membelokan, menyendi, memelintir, dan lainnya. Operasi ini dapat membuat kertas menjadi bentuk - bentuk yang menarik. Contoh hasil bentukan yang biasa kita temui dari seni melipat kertas yaitu origami.



Di tugas pertama, kami disuruh membuat suatu bentuk dari kertas konstruk 100gr-200gr berukuran A4 dengan berbagai operasi yang telah dijelaskan. Inilah yang aku buat~



Awalnya ingin berkonsep seperti sayap burung, namun jadinya seperti orang yang sedang tolak pinggang ya ? hahaha
Operasi yang aku lakukan dalam membentuk tugas pertama ini adalah menoreh, melipat, membuka, memotong, membelokkan, dan menyendi. Prinsip desain yaitu simetri terlihat sekali karena ada kesamaan dari bagian kanan dengan bagian kirinya. Seolah-olah bagian kiri adalah hasil cerminan dari bagian kanan.

Tugas kedua hanya mengenai bentukan operasi yang digunakan di tugas pertama. Jadi mari lanjut ke tugas ketiga. Tugas ketiga ini sebenarnya hanya fokus kepada operasi. Jadi kami harus membuat sebuah bentuk dengan operasi yang sama pada tugas pertama. Lalu inilah yang aku buat. 



Konsepnya itu untuk membuat bentukan mirip shelter.



Namun jika ini benar-benar terbangun sepertinya fungsi shelter-nya kurang yaa, lebih ke estetisnya aja hehehe.
Kata BiibopH sih dari semua bentukan yang aku buat, yang ini terlihat paling baik.

Berlanjut ke tugas keempat, sudah ada suatu hal yang harus kami masukkan ke dalam perancangan bentukan kami. Ada prinsip desain yaitu irama yang harus kami penuhi. Irama itu mengenai kecepatan yaitu kesan lambat menuju cepat. Lalu juga organisasi ruang yang linear. Akhirnya inilah bentukan yang aku buat.



Bentukan ini memiliki organisasi linear yang dalam sudut pandangku itu dari atas menuju ke bawah. Terlihat pada bentukan hasil bagian yang dipotong dan dibelokkan ke dalam membuat suatu bentukan seperti oval. Makin ke bawah bentukan oval makin memanjang sehingga terkesan dari lambat menjadi semakin cepat. Begitu. :p



Tugas yang paling lama dibuat, padahal cuma diberi waktu satu jam saja. Tapi alasan manusia seperti mengantuk dan lelah membuat makin lambat pengerjaannya. Jadi saat sudah harus masuk kelas lagi, masih sibuk membelokan bagian yang sudah dipotong itu. =_=

Selanjutnya tugas kelima hampir sama dengan tugas keempat, namun bedanya dari bagian irama harus berkesan dari cepat ke lambat. Ini bentukan yang paling sederhana yang aku buat. Mungkin karena sudah sore dan mulai lelah serta hilangnya fokus dan konsentrasi menjadi bingung harus membuat apa lagi. Jadinya begini deh.



Sederhana banget kan ? hahaha..orz..
Bagusnya lagi, sudah membuatnya sangat sederhana akhirnya tertunjuk harus presentasi di depan kelas. Rasanya saat itu ingin segera berganti muka dulu sebagai orang lain dan berkata, "Ini karya yang sangat spektakuler dalam pembuatannya karena melawan rasa kantuk itu lebih melelahkan dibandingkan fitness" #ngeles #plakduesh 
Senangnya sih memang saat dikomentari oleh dosen sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan, namun memang ada beberapa prinsip desain yang harus dibenahi lagi.

Jadi karya apa pun yang dihasilkan, mau itu berakhir baik atau buruk yang penting kita sudah berusaha mengerjakannya. Dari pada hanya konsep saja di kepala dan eksekusi-nya nol besar.

Semoga menjadi inspirasi untuk teman-teman yang ingin belajar membuat maket. Dengan bahan dari kertas kita bisa mengemukakan bentukan dari konsep yang kita inginkan dengan mudah. Aku pun menjadi ingin belajar lagi mengolah bentukan dari kertas. Contohnya adalah aku pernah menemukan ebook tentang origami bentukan geometri. Jadi dari bentukan dasar yang didapatkan dari operasi origami ini bisa membuat bentukan bermacam-macam dan sangat menarik.
Mungkin ini jadi PR untuk postingan selanjutnya nanti.
Tunggu yaa~ ;)



No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...