Monday, February 2, 2015

Cara Mengatasi Sikap Menunda-Nunda

Bagi kalian yang sering menunda-nunda mungkin apa yang ada di video ini akan membantu.




Agak absurd memang hahaha
Tapi hal-hal yang disebutkan di atas sudah ku praktekan sendiri. Aku mengakui bahwa diriku adalah penunda tingkat berat. Alasannya adalah karena aku terlalu perfeksionis, jadi kerjakan semua pekerjaan dengan amat sangat baik atau tidak dikerjakan sama sekali. Karena ekspektasi ketinggian aku malah jadi takut tidak bisa mengerjakannya dengan baik, dan akhirnya aku malah menunda pekerjaan lalu ujung-ujungnya jadi deadliners lagi sampai begadang terus nangis-nangis demi tugasnya beres. Dan semua kejadian itu selalu berulang setiap ada deadline pengumpulan tugas. 

Bagiku sikap tersebut sudah merusak hidupku, jadi kuanggap itu seperti penyakit yang jika tidak kusembuhkan segera maka itu akan menggerogotiku habis secara mental dan fisik. Akhirnya aku mencari sendiri bagaimana cara agar aku bisa mengatasi sikap menunda-nunda yang aku lakukan, di antaranya :

1. Ketahui bahwa Kamu Gak Sendirian 
Bukan hanya kita yang struggling dengan sikap menunda ini, orang lain juga banyak yang melakukan hal yang sama. Dengan mengetahui bahwa bukan kita sendiri saja yang punya sikap menunda ini, akan memberikan ketenangan bagi kita yang takut dengan pandangan negatif orang lain terhadap kita karena kita menunda pekerjaan. Jadi dengan membuat hati tenang terlebih dahulu dari emosi-emosi negatif adalah yang pertama kali yang harus dilakukan.

2. Percaya pada Diri Sendiri 
Setelah hati kita sudah tenang, kita harus membuat diri kita percaya bahwa kita mampu melakukannya. Karena ya kita mendapatkan masalah bukan berarti kita dihukum/dikutuk, tapi ini pertanda bahwa kita harus berkembang lewat pengalaman dari masalah tersebut dan kita BISA menghadapinya. Jadi masalah apa pun yang datang pada kita, masalah tersebut sudah sesuai dengan kemampuan kita, kita hanya perlu percaya bahwa diri kita bisa melakukannya.

3. Kerjakan sekarang juga !!
Setelah makin percaya diri dan jadi bersemangat, maka tunggu apa lagi ?
Segera kerjakan yang harus dikerjakan !
Jangan terlalu banyak berpikir yang malah akan memberikan masalah-masalah baru yang bahkan gak ada. Kerjakan saja tugasmu !
cobalah berlatih untuk menggunakan pikiran di saat yang dibutuhkan yaitu saat mengerjakan tugas. 



Aku tahu ini hal-hal di atas tersebut tidak mudah untuk dijalani langsung. Mengapa ku tulis di sini juga sebagai pengingat bahwa aku harus terus berlatih dan berlatih terus untuk mengatasi sikap menunda-nunda ini.

Ada tambahan dari BiibopH bagi yang susah mendapatkan mood yang oke buat mengerjakan tugas. Sebenarnya good mood dan bad mood itu bisa dikendalikan oleh manusia itu sendiri. Anggaplah dalam dirimu seperti ada bar volume (maksudnya bar untuk mengecilkan dan memperbesar suara dari lagu atau video atau media lainnya). Nah saat kamu sedang Bad Mood maka anggaplah volume suara sedang mengecil, dan kamu tinggal bayangkan kamu sedang menaikkan volume suara sedikit demi sedikit ke arah Good Mood. Jika kamu percaya maka kamu akan merasakan tiba-tiba Mood kamu bisa berubah seketika dan ketika sudah merasa lebih enak, langsunglah kerjakan hal yang harus kamu kerjakan segera mungkin !
Maka kamu akan terkejut bahwa kamu bisa mengatasi mood mu dengan baik.

Semoga Tips Mengatasi Sikap Menunda-nunda ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan.
Mari berlatih bersama~

Sampai jumpa di postingan berikutnya~


Have A Nice Day~ ^^




No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...