Saturday, February 21, 2015

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

Ini adalah post untuk mengingatkanku yang sedang pemulihan dari sakit musiman yaitu Flu. Awalnya aku sehat-sehat saja sampai aku kurang tidur karena tugas, sehingga daya tahan berkurang drastis. Lalu aku bertemu BiibopH yang sedang sakit flu maka aku pun tertular darinya.
Aku menyadari jika nanti kami tinggal bersama, jika ada salah satu dari kami terkena penyakit maka harus diisolasi dulu biar gak menular karena siapa yang akan merawat kalau semuanya sakit, kan ? 

Oke, back to topic !
Karena sakit, aku juga menyadari bahwa yang paling penting adalah menjaga kesehatan. Meskipun tidak dapat dipungkiri jika musim penghujan adalah dalangnya bermacam-macam penyakit. Tapi jika kita sudah menjaga kesehatan dengan baik, maka jika terserang penyakit pun setidaknya ya gak parah-parah amat lah ya.

Berikut cara menjaga kesehatan diri di musim penyakit

1. POSITIVE THINKING atau BERPIKIR POSITIF ! 



Ini adalah hal paling mendasar dari segalanya. Karena apa pun yang kita lakukan untuk menjaga kesehatan, jika kita tidak menjaga pikiran kita dari hal-hal negatif yang menimbulkan emosi negatif maka sia-sia lah yang kita usahakan.
Semua berawal dari pikiran yang bahagia, jika kamu merasa bahagia maka semua bagian tubuhmu sampai ke sel-sel juga ikut bahagia. Kebahagiaan itu akan membuat sel-sel tubuh kita sangat kuat untuk melawan penyakit apa pun.

Aku mencobanya juga dalam proses penyembuhan ini, jika biasanya aku sakit flu baru bisa sembuh dan segar lagi setelah 2 mingguan...
Saat ini aku bisa menghadapi gak enaknya 3 hari kemarin, lalu di hari keempat ini aku sudah lebih segar dan hidungku gak terlalu mampet lagi, cuma masih gatal sedikit di tenggorokan.
Rahasianya sih saat aku demam, aku berusaha tidak menyalahkan siapa pun dan apa pun cuma ya becanda-becanda sama BiibopH karena virusnya memang dari dia ya cuma becandaan aja sih.
Aku berusaha berpikiran positif dan membuat diriku bahagia terus-menerus dengan menonton tayangan komedi macam anime Sket Dance ! atau The Addams Family. Lumayanlah tertawa membuatku bahagia sehingga pikiranku terus berada di bagian positif terus-menerus.


2. TIDUR CUKUP 



Kurang tidur dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. Karena saat kita tidur, sel-sel dalam tubuh kita meregenerasi dan melawan hal-hal jahat yang mengganggu seperti virus dan sebagainya. Sayangnya saat kita kurang tidur, proses regenerasi dan recovery tidak berjalan dengan semestinya sehingga tubuh kita mudah terserang penyakit. Maka dari itu usahakan tidur sesuai dengan waktu tidur biasa yang dibutuhkan.
Aku tahu tidak semua orang punya waktu tidur yang sama, ada yang cukup hanya 6 jam saja, namun ada juga yang sudah 8 jam tapi belum cukup juga. Sesuaikan dengan kecukupan waktu tidur yang dibutuhkan oleh masing-masing dari kalian.


3. MINUM MADU



Madu adalah salah satu minuman ajaib. Ya banyak sekali fungsi dari madu ini yang diketahui banyak orang. Untuk menjaga kesehatan tubuh, minumlah madu secukupnya. Bagiku biasanya 2 sendok makan madu setiap hari cukup. Selain menjaga daya tahan juga menambah energi untuk menjalani hari. Bila perlu minum juga multivitamin, namun bagiku multivitamin suka memberatkan fungsi ginjal, dan juga efeknya gak terlalu terasa. Paling ya vitamin C tablet hisap 500mg tiap hari juga cukup. Kecuali kalau kalian butuh vitamin lain seperti vitamin E, D, atau semacamnya. Konsultasikan dulu dengan dokter mengenai kebutuhan vitamin tersebut yaa.


4. Selalu bawa JAKET dan PAYUNG (atau JAS HUJAN bagi yang gak suka pake payung misalnya)



Suhu dingin atau hujan yang tiba-tiba bisa diatasi dengan pemakaian jaket dan payung. Jika ingin keluar rumah selalu sertakan kedua hal tersebut pada tas yang dibawa. Mencegah lebih baik daripada repot nantinya aheuheu


5. OLAHRAGA Secukupnya

Latihan fisik ringan sesuai dengan kebiasaan janganlah dihentikan. Meskipun musim ini kurang enak untuk berolahraga tetap pertahankan semangat latihan. Mungkin dengan mengubah cara latihan atau menggunakan pakaian yang sesuai dengan suhu udara sekitar. Olahraga secara teratur dapat melatih tubuh kita untuk membuat daya tahan terhadap penyakit menjadi lebih kuat.

Cuma ya gak lebay kayak gini juga yaa hahaha




Begitu saja yang terpikirkan dariku untuk kulakukan juga di musim penghujan 2015 ini.
Karena berbagi dan melakukannya bersama akan lebih baik juga kan ?
Mari semangat bersama-sama menghadapi musim Penghujan !
Semangat !!

Oh iya, aku baru ingat bahwa hari ini adalah perayaan bulanan The BiibopHs ke-75 ! Yay !!
Happy 75th Month The BiibopHs ! 
May love will be forever in our heart and life~ 

For you : 

Have A Nice Weekend~ ! ^^





All images are from Google.com & Pinterest.com

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...