Sunday, March 30, 2014

Cintaku Terhalang Ijazah S1

Judul ini aku ambil dari balasan BiibopH tentang twitter-ku yang berbunyi seperti ini :



Dipikir-pikir seperti judul FTV yang biasanya ditayangkan di tv lokal hehehe

Aku dan Biiboph telah 5 tahun lebih bersama. Tentu saja kami pun ingin melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih tinggi. Apalagi teman-teman seangkatan kami (ada juga angkatan bawah) yang sudah sebar undangan pernikahan, pamer foto resepsi, atau pun pamer foto anak yang dikandung atau bahkan telah lahir. Sayangnya kami juga masih harus menyelesaikan sekolah kami yang belum kelar-kelar ini. Tambahan lagi ada kakak yang sebaiknya jangan didahului.

Wah ribet juga ya ?

Jadi bagaimana cara mengatasi hubungan yang terasa seakan-akan masa cuma sampai tahap pengenalan terus ?
Ternyata cara utamanya memang dengan SADAR.
Iya, caranya dengan menyadari apa yang terjadi saat sekarang ini. Bahwa jika kita hidup dalam masa sekarang maka yang penting adalah pengalamannya. Jadi untuk apa berpikir tentang masa depan ? Toh melihat di keluarga pun, yang menikah rasanya tidak terlalu banyak perubahan yang berarti. Cuma seakan-akan ya jadi lebih dekat, ya jadi punya keturunan, dll.

Seakan-akan ada suatu hal yang terpenting yang terlupakan dari keinginan untuk menikah ini, yaitu : LOVE LIFE. 

Kehidupan percintaan adalah hal terpenting dalam suatu hubungan pria dan wanita. Kecocokan adalah hal yang utama. Bahkan budaya di luar negeri yang diistilahkan di kita dengan sebutan kumpul kebo menjadi hal lumrah saat ini, karena orang mengutamakan kecocokan, kesamaan, dan kehidupan percintaan di suatu hubungan. Dari cerita Pak Ketut di kelas Struktur dan Konstruksi tentang budaya orang luar negeri, ternyata di luar negeri itu dulunya juga mereka lebih mengutamakan pernikahan apalagi karena pernikahan sangat diwajibkan oleh agama (khususnya doktrin dari agama Kristen yang kental pada awal Masehi sampai lewat Abad Pertengahan, termasuk zaman yang disebut Dark Ages). Saat itu pun pasangan yang sudah menikah sangat diharamkan untuk bercerai. Namun kenyataannya di masyarakat saat itu banyak pasangan menikah yang bercerai diam-diam. Akhirnya dengan banyaknya perceraian yang terjadi maka manusia pun menjadi berpikir tentang hal apa yang terbaik untuk mengatasi perceraian tersebut. Maka banyak yang melakukan kumpul kebo dengan tinggal bersama dulu sebagai proses pengenalan, untuk mengenal luar dan dalam pasangan mereka. Mulai dari segala kebiasaan, sampai sifat-sifat tersembunyi manusia yang hanya terlihat jika dalam ruang pribadi. Baru setelah beberapa tahun mengenal dan menemukan kecocokan, akhirnya berkeputusan untuk menikah. Maka dari itu jangan heran, kalau ada pasangan yang telah tinggal bersama selama 15 tahun atau bahkan 20 tahunan atau pun bahkan sudah punya anak yang telah dewasa, namun pasangan tersebut baru menikah. Contoh yang aku tahu sih seperti pasangan selebriti Brad Pitt dan Angelina Jolie.

Orang dengan budaya yang masih religius seperti bangsa kita ini pasti sudah negatif duluan, mengira itu semua karena seks. Padahal dari fakta yang ada ternyata pasangan yang melakukan tinggal bersama dulu sebelum menikah itu lebih mengutamakan mencari Love Life dalam suatu hubungan. Seks mungkin menjadi kepentingan yang kesekian.

Contoh yang aku sebutkan di atas, bukan berarti kami ingin tinggal bersama sebelum menikah yaa~ (toh gimana juga tinggalnya di beda kota wkwkwk)
Maksudnya adalah untuk menjelaskan betapa pentingnya LOVE LIFE itu. Sehingga setelah masuk ke dalam proses kesadaran, maka hubungan menjadi lebih penting. Hubungan harus selalu dijaga dan menjaga api cinta agar tidak padam.

Cara utama yang dilakukan untuk menjaga hubungan adalah dengan komunikasi. Selalu jaga komunikasi dengan pasangan, termasuk kami pun sama apalagi saat ini sedang dalam tahap LDR (Long Distance Relationship). Telepon atau SMS tiap ingin mengobrol hal yang penting dan harus cepat berbalas, atau pun sekedar berkomentar tentang kegiatan atau apa pun yang di-posting di social media, atau pun jika ingin lebih intens dan pribadi bisa mengandalkan skype untuk bertemu muka. Lalu dalam menjaga api cinta agar tidak padam adalah dengan selalu buat pasangan jatuh cinta padamu tiap hari. Dengan tingkah laku, dandanan, kata cinta & sayang, pemberian hadiah, atau apa pun yang bisa membuat pasangan tidak bisa melepaskan pandangannya darimu dan membuat kamu akan terus dipikirannya sepanjang waktu~ :3 

Hubungan butuh usaha dari kedua belah pihak. Maka dari itu kami berdua pun selalu berusaha keras menjaga hubungan kami. Apalagi saat ini kami berada dalam hubungan Long Distance Relationship. Jangan dikira semua ini mudah untuk dilalui. Awalnya sangat mengerikan, namun seiring dengan perjalanan waktu dan banyaknya kompromi, semua tidak menjadi masalah. Memang perpisahan jarak Bandung dan Tangerang tidak terlalu jauh banget, hanya 3 jam perjalanan. Kami pun sering mengatur waktu bertemu rutin, sekitar 2 atau 3 minggu sekali. Lalu waktu bertemu pun dihabiskan dengan kegiatan yang telah direncanakan. Jadi pengalaman tidak begitu saja berlalu menjadi tidak berarti.

Semua itu dilakukan untuk mengalami Love Life kami. Karena Love Life lah yang terpenting dalam hubungan.
Untuk apa kami bersama jika kami tidak dapat mengalami atau merasakan Love Life-nya ?
Maka dari itu aku sangat mensyukuri keadaan kami sekarang. Keinginan untuk menuju ke jenjang selanjutnya akan terus ada, namun kami memutuskan untuk fokus dalam love life-nya. Sehingga pernikahan yang nanti terjadi pun adalah bagian dari Love Life kami, bukan malah sebaliknya.
Toh kami sudah melewati banyak hal bersama, sayangnya karena sekarang di dimensi ke-3, kesadaran asli kami belum bisa dijamah jauh.
Namun kami berdua yakin bahwa kami memang twinflames yang tidak terpisahkan. ^^


4 comments:

  1. Waah, inspiring bangeet... x'D
    Semoga Love Life kalian berjalan dengan lancar dan bahagia, dengan segala prosesnya dan ending manis yang bahagia seperti yang diharapkan... (*^_^*)
    Aamiiin.. (^0^)

    Semangat terus, ya! (*^0^*)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinnn
      Terima kasih banyak, Ichigo-chan ^^

      Delete
  2. Iya, sama-sama.. (^-^)
    Saling doakan, ya... (*^0^*)

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...