Sunday, June 15, 2014

Summer Road Trip 2014 Story : Anyer Beach

Baru pulang dari Pantai Anyer padahal, tapi karena saking antusiasnya diriku jadi gak sabar untuk cerita.
Maklum, soalnya aku baru pertama kali ke Anyer. http://eemoticons.net

Pantai Anyer ini terletak di daerah barat Banten yang menghadap ke selat Sunda. Dari tempatku di daerah Tangerang menuju ke Pantai Anyer bisa ditempuh dalam waktu 3 jam kalau perjalanan lancar. Tapi kalau lagi gak lancar, siap-siap saja bertengger sampai 6 jam di jalan. Pantai Anyer itu juga sangat luas, jadi ada beberapa bagian dengan nama yang berbeda sesuai dengan pengelolanya. Kadang ada yang dikelola oleh hotel, rumah makan, atau tempat umum macam pasar.

Persiapan untuk Road Trip kali ini cukup sederhana saja.

Berikut Persiapan untuk Road Trip ke Pantai Anyer :

1. Outfit yang Super Nyaman
Yang aku siapkan kaos biasa berwarna hitam dengan celana pendek motif bunga. Super Nyaman di perjalanan dan juga ketika sudah sampai di pantai, aku tidak usah bolak-balik ke ruang ganti karena bisa langsung nyebur bermain air hehehe.
Jaket denim dipilih agar nyaman di Bus yang AC-nya cukup dingin. Sendal jepit sebagai alas kaki pun dipilih, karena nyaman dan ketika kotor karena pasir pantai bisa lebih mudah dibersihkan dengan hanya bilas dengan air saja. Barang bawaan ku masukan ke dalam tas kecil yang bisa aku selempangkan di tubuhku.

2. Sunglasses
Penting memakai sunglasses untuk melindungi mata dari silaunya sinar matahari selain untuk bergaya saja.

3. Sunblock & Shimmering Lotion
Sunblock sangat penting untuk melindungi kulit dari terbakar karena sinar matahari apalagi jika berkegiatan outdoor macam gini. Pilih yang SPFnya tinggi dan memproteksi dari sinar UVA dan UVB. Untuk sunblock yang kupakai bermerk Vaseline dengan SPF30. Perlu diketahui juga sunblock harus diaplikasikan setiap 2 jam untuk perlindungan maksimal apalagi jika terus-terusan berada di bawah sinar matahari. Selanjutnya Shimmering Lotion dipiilih untuk memperindah kulit. Bagi kita yang berkulit sawo matang, tanning lotion akan membuat kulit kita makin gelap. Jadi lebih baik pilih shimmering lotion dengan butiran shimmernya bisa mencerahkan kulit dan terlihat bagus berkilau apalagi di bawah sinar matahari. Yang kusuka itu adalah Dove Silky Nourishment Body Lotion. Dengan kandungan shimmer pada lotionnya berwarna keemasan cocok untuk kulit rata-rata orang Indonesia, ditambah lagi bisa melembabkan kulit hingga 24 jam.

4. Payung
Alat untuk menghadapi cuaca yang tidak diinginkan seperti terlalu panas atau pun kalau tiba-tiba hujan.

5. Dompet dengan banyak recehan
Daerah pantai Anyer sangat sulit untuk menemukan ATM, maka dari itu persiapkanlah uang secukupnya termasuk recehan uang kertas dengan nominal Rp. 20.000,- ke bawah. Itu akan berguna sekali saat ke toilet atau ke kamar mandi umum yang harus bayar.

6. Gadget untuk Mendengarkan Musik + Headset
Mengapa dinamakan Road Trip ? Karena waktunya lebih banyak di jalan. Bayangkan saja, pulang pergi di jalan bisa membutuhkan waktu 6 jam lebih sedangkan di tempat tujuan liburan mungkin tidak sampai 5 jam. Jadi agar tidak bosan saat di perjalanan, kita butuh hiburan. Banyak hiburan yang bisa dipilih seperti konsol game portable, buku, atau gadget untuk mendengarkan musik. Dan agar tidak repot aku memilih yang terakhir, yaitu mempergunakan Shiro, blackberryku sebagai pemutar musik. Tak lupa lupa headset untuk memperdengarkannya secara pribadi. Berikut lagu-lagu yang menarik untuk Road Trip Playlist kali ini : Teristimewa - Andien *beat jazz-nya cocok untuk di perjalanan*

Problem - Ariana Grande ft Iggy azalea *akhir-akhir ini lagi suka lagu ini*

Popular Song - Mika ft Ariana Grande *lagu yang trend tahun kemarin, tapi tetap menarik didengarkan di jalan. Suara Mika-nya catchy banget*

Hello Kitty - Avril Lavigne *Minnapsycho arigatou ! ka..ka..ka..kawaiiiii~ hahahaha*

7. Pocket Camera
Kamera kecil untuk mengabadikan momen yang menarik saat Road Trip tentunya.

8. Baju Ganti untuk Yang Ingin Berenang + Toiletries
Tentu ini harus kecuali memang tidak ingin bersentuhan dengan air laut di pantai. Baju ganti haruslah juga yang nyaman. Untukku pribadi dress dengan rok yang panjang cukup membuatku nyaman apalagi di bus saat perjalanan pulang. Selain itu sabun mandi dan shampo untuk membersihkan diri setelah bermain di tepi pantai juga dibutuhkan demi kenyamanan.

9. Make Up & Parfum untuk Touch Up
Bagi wanita, tentu butuh make up untuk touch up setelah berkegiatan. Kebutuhan make up juga berbeda, jadi bawalah yang penting untukmu. Bagiku yang penting adalah BB cream, eyeshadow natural, lipbalm, dan liptint. Membuat wajah cerah kembali. Ditambah parfum untuk memperharum diri, bagiku yang favorit saat berkegiatan di pantai adalah White Musk Sun Glow EdT dari The Body Shop. Bahkan Dian pun mau memakainya saat tidak membawa parfum padahal itu parfum untuk wanita hahaha.

10. Snacks dan Air Putih
Untuk di perjalanan, makanan kecil untuk menahan lapar sebelum waktu makan sangatlah dibutuhkan. Aku menyiapkan Choco-Banana Pocky, Snickers, dan Soyjoy. Sayangnya dari yang kubawa tidak ada yang aku makan karena Mama membawa lebih banyak snacks dan kalau tidak di makan akan sayang sekali. Air putih tentu saja dibutuhkan agar tidak dehidrasi di perjalanan juga saat berkegiatan di pantai. Selain menyiapkan sendiri ditambah lagi kami dapat air putih gratis dari panitia hehehe.

Segitu saja hal essensial yang disiapkan untuk Road Trip ke Pantai Anyer hari ini.
Aku telah menyiapkan semalam sebelumnya, agar saat pagi hari tidak repot beres-beres lagi.

Seperti biasa aku selalu tidak bisa tidur jika keesokan hari ada kegiatan penting. Akhirnya aku tertidur sekitar jam 2 pagi dan sudah harus bangun jam 5 pagi. Namun meskipun cuma tidur sebentar, saat terbangun aku merasa berenergi sekali. Mungkin ini yang dinamakan energi dari keantusiasan. Rencananya kami pergi jam 6 pagi. 15 menit sebelumnya aku sudah bertengger di dalam bus, namun kami baru berangkat lewat 20 menit dari waktu yang diperkirakan. Biasalah orang Indonesia. http://eemoticons.net

waktu menunggu sekalian dipakai untuk selfie dulu..

Perjalanan dari Perumahanku di Tangerang ke Pantai Anyer di sisi Barat banten membutuhkan waktu sekitar 3 jam dengan bus bersama para tetangga se-RT (sampai 2 bus lho, banyak banget ya se-RT itu hehehe). Itu semua sudah termasuk istirahat sejenak di tempat peristirahatan di jalan tol. Perjalanan cukup lancar pagi tadi. Kerisauan datang saat melihat sekumpulan awan gelap di tempat kami menuju. Wah masa mau main ke pantai tapi hujan besar ?. Aku pun segera mengerahkan kemampuanku, namun hanya sampai menahan mendungnya saja dengan hujan rintik-rintik. Lumayanlah tidak terjadi hujan besar yang meresahkan.

Pantai yang kami kunjungi berada di daerah Pantai Anyer namun bernama Pantai Pasir Putih Sirih Anyer.

Pantai tersebut dikelola berdampingan dengan pasar. Terdapat banyak saung-saung besar untuk para pengunjung khususnya yang datang rombongan.

Bagusnya dari pantai ini adalah daerah pantainya yang landai sehingga nyaman untuk berenang dan bermain air di pantai. Kekurangannya adalah pantainya tidak terlalu bagus pemandangannya karena banyak sampah dan air laut di tepian pantai sangat keruh.

Sesampainya di pantai, langit masih mendung dan gerimis. Mungkin ini yang jadi alasan pantainya masih sepi saat itu

*baru menginjakan kaki di Pantai Anyer*

Setelah menitipkan tas, jaket, dan sendal jepit. Aku bersiap menyeburkan diri ke dalam air bersama Dian dan Nico.

*muka eikehh gak oke banget*

Berenang ke tengah untuk menikmati ombak.
Sayangnya itu gak asik karena air laut yang mengandung banyak garam sangat gak enak jadi tempat berenang. Air yang masuk ke mulut rasanya sangat asin dan membuat mata perih karena banyak kandungan pasirnya. http://eemoticons.net

Setelah itu kami bertiga ikut naik banana boat, namun karena bersama dengan ketiga bocah kecil jadi minta untuk tidak digulingkan. Cuma aku sudah siap-siap saja menjadi tim penolong bocah-bocah itu jika ada yang terjatuh.
Lalu iseng bermain pasir di pantai. Kemudian lanjut berenang lagi sampai bosan. Lalu karena cuaca mulai sedikit cerah dan makin banyak yang masuk ke pantai kami pun selesai bermain. Perutku pun sudah berbunyi pertanda lapar, ternyata memang waktu sudah menunjukkan saatnya makan siang.
Segera bilas, mandi, dan berganti baju. Lalu makan siang dengan bekal yang sudah disiapkan Mama.

*Mama hebat dalam menyiapkan makanan dan jadi fotografer dadakan wkwkwk*

Kami pun makan bersama di saung besar yang disewa rombongan.
Setelah makan, aku menunggu Mama membeli oleh-oleh. Aku pun ikut minta dibelikan kacamata yang aku inginkan mumpung dapat yang murah hehehe
Selesai membereskan oleh-oleh, lalu sempat ngopi sebentar. Aku pun segera bersiap ke Bus karena jam 2 siang akan kembali pulang.

Sambil menunggu AC bus dinyalakan, aku pun menunggu di depan bus bersama kedua adikku.

Cuaca mulai mendung dan kembali hujan rintik-rintik.
Meskipun hujan tapi pantai malah semakin ramai. Kata Dian, pantai jadi sangat penuh sehingga susah mau berenang juga. Untung saja kami sudah puas dari pagi sampai menjelang makan siang. Waktu pun menunjukkan jam 2 siang dan bus berjalan mengantar kami pulang ke rumah.

*di perjalanan masih narsis pula*

Mama bercerita dulu saat pulang dari Anyer kena macet parah, untungnya tadi sih tidak kena macet yang parah. Cuma memang di jalan cukup padat sehingga membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam untuk kembali pulang ke rumah.

Sesampainya di rumah, setelah membereskan oleh-oleh yang dibeli Mama. Inilah oleh-oleh pribadiku dari Pantai Anyer : Celana pendek motif bunga yang dipilih Mama, alasannya karena murah lalu Dian & Nico juga dapat, serta Sunglasses bentuk klasik Aviator dengan warna lensa terlihat dari luar seperti pelangi dan bisa dipakai untuk bercermin.

Gaul bukan ?
*pret*
Hahahaha

Senang sekali dengan Summer Road Trip kali ini. Sayangnya Harusnya kan sudah masuk musim kemarau jadi cocok untuk disebut sebagai Summer Road Trip. Namun cuacanya aneh karena selalu mendung seperti musim penghujan, jadi apakah iklim di Indonesia sudah berubah ?
Kalau memang iya, berarti harus ada ketegasan dari BMKG Indonesia untuk memberitahu khalayak ramai kapan kita masuk di musim penghujan dan masuk di musim kemarau. Kejelasan akan membuat kita bersiap menghadapi perubahan iklim yang terjadi. Tapi untuk kali ini gapapa lah yaa disebut Summer Road Trip.

Pengalaman ini tidak akan terlupa dan mungkin saja aku dan teman-teman bisa berencana ke sana lagi kapan-kapan. Pasti asik bermain bersama banyak teman khususnya Geng Powerrenjers~

Semoga liburan singkat ini membuatku jadi tambah semangat untuk menjalani setengah akhir semester 3 ini.
Jadi gak sabar untuk liburan berikutnya nih~ http://eemoticons.net