Thursday, April 3, 2014

Sketsa Cepat

Aku suka sekali melihat gambar sketsa yang sering di-posting oleh anggota di Facebook Group : Indonesian Sketcher. Biasanya mereka melakukan sketsa cepat di tempat memakai media apa pun. Ada yang memakai hanya drawing pen saja, atau memakai marker, atau yang paling aku suka adalah yang memakai cat air.

Tapi aku masih bertanya-tanya, cat air apa yang gak ribet untuk dibawa ke mana-mana ? O_o Soalnya aku hanya menemukan cat air dalam bentuk tube di toko buku. Kebayang dong ribetnya untuk membuat sketsa cepat dengan cat air seperti itu, harus bawa palet segala, belum lagi harus segera dibersihkan paletnya untuk bisa dipakai demi gambar lain.=_=

Memikirkan mengenai cara sketsa di tempat. Ada yang dengan level sudah mahir bisa langsung menyelesaikan di tempat dengan cepat dan bagus. Untuk yang masih belajar biasanya mereka menggunakan cara menggambar outline-nya dulu dengan pensil baru setelah sampai rumah ditambah media gambar lain.

Aku sendiri pernah melakukan sketsa cepat saat jalan-jalan ke kota tua Jakarta sebagai salah satu kegiatan dari Studio Dasar Desain 1 di semester 1 lalu. Saat itu dengan waktu singkat kami harus menyelesaikan 10 sketsa. Sehingga aku memakai cara menggambar dengan menggambar outline-nya dulu lalu suasana yang aku ambil dan akan aku sketsa, ku ambil fotonya. Jadi saat di rumah aku bisa memperbaiki sketsanya lagi dan membuatnya lebih bagus. Sayangnya hanya 5 sketsa yang dapat ku selesaikan dengan baik. Semua karena batasan waktu dengan waktu pengumpulan. Tapi yasudahlah, pengalaman menggambar sketsa di tempat menjadi pelajaran sangat penting buatku.

Aku menjadi berkeinginan untuk melakukan sketsa di tempat lagi. Meskipun keahlian menggambarku masih belum terlalu baik tapi dengan melakukan sketsa cepat di tempat diharapkan keahlian menggambarku akan menjadi semakin baik. Sehingga aku pun segera membeli buku sketsa A5 untuk dibawa ke mana pun saat aku pergi.



Untuk media gambar, saat ini aku mengandalkan pensil atau drawing pen dulu. Baru nanti jika sudah mahir akan aku coba dengan media gambar lainnya.
Berikut hasil sketsa cepatku minggu kemarin :



Ini sketsa cepat yang aku buat saat aku baru bangun tidur dan masih ingat apa yang dilakukan tubuh halusku saat jasadku tertidur. Aku merasa berada di kamarku di rumah sedang membaca buku lalu BiibopH masuk ke kamar, berganti baju, lalu berbincang ringan denganku. Media yang aku gunakan pensil 2B.
Selanjutnya,



Yang ini saat di kelas studio. Aku iseng menggambar Pak David yang sedang menjelaskan bedanya tugas perancang (arsitek) dengan pembuat (kontraktor). Sekalian Kak Robin masuk ke dalamnya hehehe
Media yang aku gunakan adalah drawing pen 0.1 dan pensil warna (hitam).

Bagiku membuat sketsa cepat di tempat adalah bagian dari menikmati keindahan suatu momen di saat itu. Sama seperti mengambil foto, namun saat menggambar kita dapat memfokuskan diri pada detail-detail yang ada. Karena hasil gambar dari sketsa cepat pun dapat membawa cerita tentang apa yang ada dan terjadi di saat gambar tersebut dibuat di tempat, maka itulah hal yang menarik dari gambar hasil sketsa cepat.


No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...